Beranda | Artikel
Hidup Mengembara Seorang Diri
Senin, 2 Oktober 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Hidup Mengembara Seorang Diri ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 10 Rabi’ul Awal 1445 H / 25 September 2023 M.

Kajian Tentang Talbis Iblis Untuk Hidup Mengembara Seorang Diri

الرَّاكِبُ شَيطانٌ، والرَّاكِبانِ شَيطانانِ، والثَّلاثةُ رَكبٌ. 

“Orang yang bepergian sendirian adalah setan. Orang yang berpergian berdua adalah dua setan, sedangkan tiga orang yang berpergian itu adalah rombongan.” (HR. Abu Daud)

Penyematan sifat setan di sini maksudnya adalah perbuatan yang tidak baik, tercela, dan sebaiknya dihindari.

Para ulama mengatakan bahwa hukumnya makruh seseorang berjalan seorang diri. Mereka sepakat bahwa ini adalah perbuatan yang sebaiknya dihindari, meskipun tidak sampai jatuh menjadi haram. Hendaknya dia mencari teman perjalanan yang bisa mendampingi atau bepergian bersamanya.

Berjalan sendirian bisa membawa banyak ancaman dan bahaya. Orang yang berjalan seorang diri tidak memiliki orang lain yang dapat memberitahu atau menolongnya jika terjadi sesuatu. Misalnya, jika dia mengalami kecelakaan, tidak ada orang lain yang mengetahuinya atau dapat membantu.

Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي الْوَحْدَةِ، مَا سَارَ أَحَدٌ وَحْدَهُ بِلَيْلٍ أَبَدًا

“Seandainya orang-orang tahu bahaya yang ada pada bepergian seorang diri, maka tidak ada seorang pun yang akan berjalan seorang diri pada malam hari selamanya.” (HR. Bukhari)

Berapa banyak orang-orang yang tidak diketahui beritanya, ketika berjalan sendirian dia mendapatkan musibah. Kalau ada orang bersamanya, mungkin dia bisa menghindari petaka itu.

Oleh karena itu, ketika bepergian, kita sebaiknya bukan hanya menyiapkan bekal, tapi juga menyiapkan teman perjalanan sehingga tidak berjalan sendirian. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam selalu membawa salah satu istri beliau dengan mengundi mereka. Siapa yang keluar undiannya maka dialah yang akan menyertai beliau dalam perjalanan. Bahkan terkadang beliau membawa lebih dari satu istri dalam perjalanan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53403-hidup-mengembara-seorang-diri/